Sabtu, 13 Februari 2010

MetAmorFoSis IKAPAFISKA

Tak terasa 17 tahun sudah Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Mapala Uniska berdiri di kampus tercinta Universitas Islam Kalimantan (UNISKA) Banjarmasin. Perjalanan organisasi ini pun tak lepas dari berbagai macam kendala yang selalu menerpa baik dari dalam maupun dari luar organisasi sendiri.

Organisasi ini, merupakan organisasi yang menampung beragam kegiatan di alam bebas. Kegiatan yang dilakukan ini juga ditekankan pada perlunya ,memberikan kesempatan pada mereka yang sebelum nya pernah keluyuran, untuk melihat dari dekat tanah airnya.

Mapala Uniska merupakan sebuah Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) yang bergerak dalam bidang petualangan yang mengutamakan loyalitas sesama anggota pecinta alam dengan tujuan mencakup beberapa hal yaitu, untuk memupuk patriotisme yang sehat dikalangan anggotanya. Ini dapat dicapai dengan hidup di alam dan rakyat kebanyakan. Memang tekad yang mendasari pendirian organisasi ini adalah suatu keyakinan bahwa patriotisme yang sehat tidak mungkin timbul dari slogan-slogan, doktrin-doktrin ataupun poster-poster. Patriotisme yang sehat hanyalah mungkin dibina atas partisipasi yang aktif dari seseorang melalui hidup di tengah-tengah alam dan rakyat Indonesia pada umumnya. Adalah hal yang mustahil bahwa cinta tanah air dapat timbul dari jendela-jendela bis atau mobil-mobil mewah. Disini juga ditekankan aspek edukasi cinta tanah air secara aktif dari dekat dengan mendidik para anggota secara fisik maupun mental, sebab seorang kader yang baik adalah kader yang sehat baik secara rohani maupun jasmani untuk mencapai semangat gotong royong dan kesadaran sosial. Dengan semangat itu lah sepuluh (10) orang mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik UNISKA.

Membangun Organisasi yang berkiblat pada alam bebas. Berangkat dari keinginan melestarikan alam dan hobby serta ingin mengaktualisasikan diri di kegiatan organisasi yang bercirikan mencintai alam serta lingkungan dalam mengekplorasi kemampuan/potensi diri berorganisasi ini lah yang menjadi dasar-dasar inspirasi pendiri yang akhirnya melahirkan organisasi kepecinta alaman yang kemudian diberi nama IKAPAFISKA.

Berangkat dari perjalanan nya karena sering melakukan kegiatan di alam bebas dan memiliki inisiatif untuk menuangkan hobby mereka di suatu wadah dan dapat menampung aspirasi yang pada akhirnya karena ingin maju serta memiliki motivator yang kuat lalu mereka meminta masukan dari senior-senior Mapala Piranha Fakultas Perikanan Universitas Lambung Mangkurat (UNLAM) Banjarbaru, Orpala Kayakat dan Orpala Argapala yang sudah lebih dulu aktif dalam dunia petualangan di alam bebas . Dua (2) minggu setelah nya mereka pun mencoba untuk memasukan proposal pembentukan organisasi pada tanggal 23 November 1992 ke Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) UNISKA untuk bisa mengeluarkan Surat Keputusan (SK) tentang pembentukan organisasi pecinta alam. Bak buku bertemua ruas, dan gayung bersambut, akhirnya di keluarkanlah SK dengan nama IKAPAFISKA (Ikatan Pecinta Alam Fisip Uniska). IKAPAFISKA di ambil dari nama fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik dimana tempat mereka kuliah di fakultas nya. Setelah dikeluarkan nya SK tersebut maka resmi-lah nama IKAPAFISKA berkibar di berbagai kegiatan kepecinta alaman yang ada di Kalimantan Selatan. Dengan dikeluarkannya SK pada tanggal 29 Desember 1992, itulah maka setiap tanggal 29 Desember dijadikan Hari jadi IKAPAFISKA yang selanjutnya nanti disebut MAPALA UNISKA dan diresmikan di TAHURA(Taman Hutan Rakyat) mandiangin pada tanggal tersebut.

Dalam perjalanan nya IKAPAFISKA sendiri pun tak luput akan berbagai macam halangan baik dari pihak kampus yang kurang mendukung serta sarana dan pra sarana yang kurang bahkan tidak ada. Dalam segi pembuatan bendera serta slayer pun tak luput dari kendala pada saat itu dikarenakan masing-masing asumsi para pendiri berasal dari latar belakang yang berbeda, namun tetap dengan satu tujuan itulah hasil rumusan mereka membuah kan hasil yang manis. Khususnya lagi dari segi pendanaan, dengan proses yang cukup sulit akhirnya mereka berinisiatif untuk ambil andil dalam acara ospek di kampus dan ikutserta dalam kegiatan motorcross yang di selenggarakan oleh sahabat mereka yang sekarang menjabat sebagai wakil gubernur Kalimantan Selatan Bapak Rosehan yang di selenggarakan di chandra kirana dan juga sumbangan dari mahasiswa uniska. Dengan hasil itu akhirnya IKAPAFISKA sedikit demi sedikit dapat membeli perlengkapan organisasi walaupun dengan cara kredit dengan di bantu oleh orang-orang yang turut ambil andil dalam pergerakan tercetusnya IKAPAFISKA Selain sepuluh (10) orang pendiri atau pelopor IKAPAFISKA pada saat itu, antara lain:

1. Abang Hudriansyah
2. Abang Dardiansyah
3. Bapak Kawal (Dosen)
4. Bapak Paryoto (Kapolsek Banjar Utara)
5. Mbak Mardiana
6. Mbak Arisa Rahmiah
7. Bapak Deli Anhar (Dosen)
8. Bapak Sanusi (Dosen/Mantan Rektor Uniska periode (2005-2009)
9. Bapak Mas’ud Masil (Dosen)
Dan juga pihak lain yang turut membantu yang tak tersebutkan namanya.

Setelah beberapa bulan berjalan, akhirnya IKAPAFISKA mulai memperkenalkan dirinya dengan mengikuti berbagai event yang diselenggarakan oleh organisasi pecinta alam lainnya. Seiring waktu berjalan pula IKAPAFISKA mulai mengkukuh kan namanya dengan menjuarai lomba klasik prusiking yang di selenggarakan oleh Mapala Sylva Banjarbaru dan meraih juara dua (2) pada tahun 1993 serta beragam kejuaraan daerah maupun kejuaran ditingkat Nasional lainnya. Tidak itu saja generasi pertama IKAPAFISKA yang di pimpin oleh abang Imug (Mugeni Ekky Hasyim) selaku ketua umum pada saat itu dengan abang Ifan (Irfan Sayuti) selaku Wakil ketua juga melakukan ekspedisi-ekspedisi di pedalaman Kalimantan dan di beberapa Pulau Jawa, Sulawesi dan Sumatera.

Perubahan Menjadi Mapala Uniska

Dalam hal ini lah akhirnya membuat para pihak petinggi UNISKA pada saat itu menginginkan Mapala FISIP (IKAPAFISKA) untuk dilebur menjadi MAPALA UNIVERSITAS dengan nama MAPALA UNISKA sebagai UKM Universitas yang langsung di bawah wewenang Rektor III yang pada saat itu di jabat oleh Bapak Drs.Umar Markawi.

IKAPAFISKA sendiri resmi menjadi MAPALA UNISKA pada saat di keluarkan nya SK(Surat Keputusan) tersebut yakni pada tahun 1997 ketika kepengurusan organisasi dibawah komando Bang Irvan Sayuti. Dalam perjalanan Mapala Uniska yang ke 17 ini telah melakukan 16 kali diklatsar dengan berhasil merekrut 185 orang anggota Mapala Uniska, baik itu anggota muda, anggota kehormatan, anggota penuh, anggota luar biasa maupun anggota pelopor (pendiri) yakni sepuluh anggota pertama (pelopor) yang mendirikan IKAPAFISKA yang menjadi cikal bakal lahirnya mapala uniskaDalam kiprah nya Mapala Uniska mempunyai beberapa divisi, yakni

1. Gunung Hutan (GH)
2. Rock Climbing (RC)
3. Olah Raga Arus Deras (ORAD)
4. Lingkungan Hidup (LH)
5. Photografi

Perjuangan berat Mapala Uniska tak hanya berhenti begitu saja karena pasang surut anggota pada saat itu. Mereka harus terus aktif untuk meneruskan roda pemerintahan organisasi ini, dengan itu maka setiap tahun nya mapala uniska melakukan perekrutan anggota baru dengan membuka pendaftaran. Anggota-anggota baru tersebut di didik untuk menjadi anggota aktif Mapala Uniska. Dalam perekrutan itu, mapala uniska mempunyai beberapa tahap yang wajib di ikuti oleh calon anggota mapala uniska, yaitu :

• Materi ruang, yang wajib di ikuti untuk menerima materi pra diklatsar.
• Pendidikan dan latihan dasar (diklatsar)yang di ikuti sebagai syarat untuk menjadi anggota muda.
• Latihan pemantapan (latpan) di ikuti untuk mendapatkan slayer dan nomor registrasi anggota serta wajib menjalan kan masa bakti organisasi selama satu (1) tahun.

Dalam keanggotaan, mapala uniska mempunyai beberapa nomer registrasi anggota sesuai dengan tingkat dan kedudukan nya dalam organisasi antara lain untuk anggota yang dismisioner

Pengkaderan anggota

Sebagai mahasiswa aktif atau yang sudah alumni diberikan gelar Anggota Luar Biasa (ALB), selain itu mapala uniska juga memberikan penghargaan kepada orang yang di anggap berjasa dalam membantu jalan nya roda pemerintahan organisasi dengan sebutan anggota kehormatan (AK) dengan syarat-syarat yang berlaku dalam kepengurusan dan untuk mahasiswa yang masih aktif di berikan gelar dengan sebutan anggota penuh (AP) serta anggota muda (AM) bagi yang lulus mengikuti diklatsar, adapun sebagai pencetus atau generasi pertama berdirinya mapala uniska di berikan gelar abadi sebagai anggota pelopor (APOR).

Dalam perjuangan berat itu maka banyak anggota mapala uniska berkiprah untuk memperkenalkan keberadaan organisasi ini sehingga sudah banyak di akui oleh dunia kepecintaalaman. Mapala Uniska Banjarmasin sudah melanglang melintang di bidang nya baik itu dalam tingkat regional maupun nasional, hal ini dibuktikan dengan berprestasinya organisasi ini telah beberapa kali menjuarai kejuaraan-kejuaraan yang ada baik itu di divisi gunung hutan, ORAD, maupun rock climbing. Bukan hanya mampu menjuarai event-event penting, Mapala Uniska juga Mampu mengadakan event regional dan yang bertingkat nasional.

Mapala Uniska juga telah berhasil mengirimkan anggota-anggotanyanuntuk melakukan ekspedisi-ekspedisi bertaraf nasional di gunung-gunung tertinggi di Indonesia, seperti puncak semeru(mahameru) jawa timur, malang dengan ketinggian 3676 mdpl, gunung rinjani di NTB, Lombok dengan ketinggian 3726 mdpl dan gunung kerinci, jambi dengan ketinggian 3805 mdpl dan gunung arjuna 3333 mdpl(jawa timur), gunung puteri 2897 mdpl(jawa barat), gunung gawalise dan nokilaki (palu), gunung dempo(Palembang), gunung tujuh(jambi) serta masih banyak lagi gunung-gunung lainnya di Indonesia.

Dalam kepengurusan organisasi, mapala uniska sampai saat ini telah terjadi tiga belas (13) kali pergantian ketua umum(KETUM), yakni

1. Mugeni Ekky Hasyim (1992-1995)
2. Irvan Sayuti (1995-1998)
3. Ahmad Jayadi (1998-2000)
4. Fikria Hidayat (2000-2001)
5. Noor evansyah (2001-2002)
6. Yasir Abdillah (2002-2003)
7. Khairul Anam (2003-2004)
8. Ahmad Nawawi (2004-2005)
9. Suwito (2005-2006)
10. Afriannoor Miradinata (2006-2007)
11. Muhammad Rahman (2006-2007)
12. Agus Rahman (2007-2008)
13. Jairin Halim (2008-2009)

Dalam pendidikan Mapala Uniska setiap anggota wajib menerima materi-materi pendidikan seperti ilmu bertahan hidup di alam bebas(survival), panjat tebing(Rock Climbing), gunung hutan(mountaineering), lingkungan hidup, serta olah raga arus deras(ORAD) dan ilmu-ilmu pecinta alam lain nya. Para anggota mapala uniska telah ditanamkan doktrin organisasi, kesetiakawanan dan kebersamaan. Dengan rasa kebersamaan yang tinggi ini lah yang menjadi nilai positif sekaligus penyebab kenapa mahasiswa uniska memilih mapala uniska sebagai organisasi yang akan digelutinya

Mapala Uniska

Dalam sebuah organisasi selalu mempunyai unsur pemersatu yang selalu menjadi suatu identitas atau ciri organisasi tersebut. Begitupun juga dengan mapala uniska, yang mempunyai suatu ciri identitas tersendiri yang merupakan sebuah pemersatu dan konsep dari derap langkah nya dalam menapaki setiap kegiatan. Berikut lambang, ikrar dan mars mapala uniska.

ARTI LAMBANG
MAHASISWA PECINTA ALAM UNIVERSITAS ISLAM KALIMANTAN
(MAPALA UNISKA)



1. SEGITIGA MERAH

Sebagai pemersatu unsur aktivitas yang tidak dapat dipisah-pisahkan disertai dengan langkah berani.

2. ALIRAN SUNGAI

Sepuluh aliran sungai yang mengingatkan kepada sepuluh orang pendiri MAPALA UNISKA untuk memberikan kehidupan kepada tunas-tunas penerus organisasi.

3. TAPAK KAKI

Warna putih yang berarti melangkah suci mencapai tujuan.

4. GUNUNG

Tanda keagungan dan kebesaran Tuhan Yang Maha Esa yang patut kita jaga dan lestarikan.

5. MATA ANGIN

Menunjukkan bahwa MAPALA UNISKA memiliki konsepsi,, persepsi yang jelas dalam menentukan arah serta sadar bahwa pecinta alam sebagai bagian dari masyarakat.

6. PULAU KALIMANTAN

Menunjukkan bahwa MAPALA UNISKA berdomisili di Kalimantan.


Ikrar Mapala Uniska


Berikut adalah Ikrar Mapala Uniska yang merupakan suatu janji dan kewajiban bagi setiap anggota untuk mengamalkan di setiap langkah nya dalam membawa dan menjaga nama baik organisasi.

1. Kami menjunjung tinggi, mewujudkan, menjiwai serta mengamalkan kode etik pecinta alam indonesia.

2. Kami bertekad menjaga nama baik mapala uniska disetiap kiprah mencipta dan berkarya.

3. Kami bertekad melaksanakan segala kewajiban dengan penuh tanggung jawab dan pengabdian yang tinggi.

4. Kami bertekad menjunjung tinggi nilai-nilai kesetiaan dan kedisiplinan.


Mars Mapala Uniska

Mars mapala uniska adalah lagu wajib yang akan dinyanyikan setiap kali ada acara resmi mapala uniska yang digunakan sebagai ceremonial dalam pemacu semangat untuk melangkah kedepan dengan pasti.


MARS MAPALA UNISKA

Cipt.Fikria Hidayat (AB.066.IMPU.97)


Kami keluarga besar MAPALA UNISKA satu dalam kekeluargaan….

Hutan rimba, gunung, jeram dan pantai agungkan semua akan kebesaran tuhan….

Tanah kering, kerontang, dan banjir datang jerit isi rimba raya….

Tanah kering, kerontang, dan banjir datang pekik pertiwi tercinta….

Bunda relakan darah juang kami tuk tantang pencemaran….

Dalam MAPALA UNISKA janji kami lestarikan lingkungan….


Karena nya lah Mapala uniska akan selalu eksistensi dan komitmen dalam setiap jejak nya untuk terus berkarya dalam pelestarian lingkungan dan pembangunan bangsa serta tukar pikiran tentang berbagai hal yang berkaitan dengan kepecintaalaman, guna lebih mengembangkan dan memahami wawasan peningkatan penguasaan keterampilan dan kualitas anggota pecinta alam. Sehingga Mapala Uniska dapat lebih mampu menempatkan diri secara aktif dalam pengembangan diri serta pembangunan generasi muda yang peduli terhadap lingkungan hidup.

Maka demi mewujudkan sebuah tindakan nyata dalam menyusun langkah serta kesamaan gerak untk bersama-sama mewujdkan suatu kehidupan yang lestari dimana proses keseimbangan merupakan titik tumpu dalam hal ini, oleh karena itu Mapala Uniska akan selalu aktif dan berperan serta dalam kiprahnya. Jayalah Mapala Uniska

Menyongsong 20 Tahun

MAPALA UNISKA


Tak terasa 17 tahun sudah mapala uniska menginjak kedewasaan nya, harapan dan tujuan selalu tersirat dari tiap individu anggotanya dengan semangat gotong royong, saling bahu membahu, serta saling memupuk kebersamaan dari tiap langkahnya membuat mapala uniska tetap maju dan jaya selalu. Doktrin-doktrin yang ditanamkan organisasi kepada anggotanya inilah yang memuat suatu asa akan kedepan nya mapala uniska di tiap jejak langkahnya yang selalu pasti dalam menapaki kemana arah mata angin membawa. Menyongsong 20 tahun mapala uniska telah tersirat kisah-kisah lama yang ditoreh para pendirinya, dengan semua kenangan itu.


Bak bunga yang sedang mekar di hinggapi kumbang tuk memperoleh madu, begitulah kiranya julukan tuk mapala uniska menginjak kedewasaannya, dalam pendewasaan ini mapala uniska sudah mengaklimatisasikan diri di berbagai lingkungannya baik sesama organisasi pecinta alam maupun organisasi lainnya. Dalam harapannya kedepan mapala uniska sudah mempersiapkan beberapa program kerjanya dan beberapa agenda kegiatan cukup padat yang lumayan banyak dan akan menjadi PR besar bagi kepengurusan selanjutnya. Seiring usia menjangkau ke 20 ini mapala uniska akan selalu berusaha memberikan yang terbaik bagi organisasi khususnya dan bagi kampus tercinta pada umumnyaBerdirinya dinding panjat permanen (Wall Climbing Project) yang Insya Allah akan direalisasikan oleh pihak Rektorat dan Yayasan UNISKA akan menjadi sebuah apresiasi atas berbagai prestasi yang telah ditorehkan oleh anggota Mapala UNISKA baik tingkat regional maupun nasional.


Mempunyai dinding panjat menjadi suatu keinginan dan kebanggaan tersendiri yang akan menjadi icon yang menandakan eksistensi dan kredibilitas mapala uniska serta sarana latihan panjat tebing yang merupakan salah satu jenis olahraga yang sekarang juga dipertandingkan dalam Pekan Olahraga Nasional (PON).


Harapannya, mampu mencetak atlit-atlit panjat tebing mapala uniska yang akan menorehkan lagi prestasinya dan mengharumkan nama kampus tercinta. Dalam 3 tahun ke depan kami berharap Mapala Uniska mampu membuat even bertaraf nasional seperti pada era awal tahun 2000-an (Arung Seribu Sungai I dan II). Peningkatan jumlah anggota setiap periode harus selalu diiringi dengan peningkatan sumber daya manusianya yang senantiasa dapat berinteraksi dan beradaptasi dengan lingkungan dimana dia berada. Seorang mahasiswa tidak hanya dituntut dapat menguasai satu bidang keilmuan saja tetapi juga mampu mengaplikasikan bidang – bidang lainnya baik yang bersifat exacta maupun non exacta sesuai dengan Tri Dharma Perguran Tinggi (Pengabdian, Penelitian, Pengajaran).


SUSUNAN DEWAN PENGURUS UNIT KEGIATAN MAHASISWA (UKM)

MAHASISWA PECINTA ALAM UNIVERSITAS ISLAM KALIMANTAN

(MAPALA UNISKA BANJARMASIN)

PERIODE 2009-2010


Pelindung : Rektor Uniska (Drs.H.Mustatul Anwar, M.Pd., M.Kes)

Penasehat : Pembantu Rektor III Uniska (Drs.H.Sultani, M.M.Pd)

Pembina : Drs. M.Uhaib As’ad, M.Si

Advokasi : Yasir Abdillah (AB.069.IMPU.97)

Ahmad Randie (AB.087.MPAU.99)

Ketua Umum : Jairin Halim (AP.160.MPAU.06)

Sekretaris : Ahmad Riansyah (AP.181.MPAU.08)

Bendahara : Nur Azizah (AP.182.MPAU.08)

Humas : Hikmatul Karimah (AP.161.MPAU.06)

Suliman (AP.171.MPAU.08)

Diklatbang : Tegar Hilmanto (AP.168.MPAU.07)

Kabag. Rumah Tangga : M.Jafar (AP.169.MPAU.08)

Kasub.1 : Bayu Candra Pratama (AP.183.MPAU.08)

Kasub.2 : Ahmi Iswandi (AP.178.MPAU.08)

Kepala Divisi Rock Climbing : M.Irfansyah (AP.177.MPAU.08)

Kepala Divisi Gunung Hutan : Idy Saputra (AP.175.MPAU.08)

Kepala Divisi Lingkungan Hidup : Abdi Subahan (AP.176.MPAU.08)

Kepala Divisi Olah Raga Arus Deras : M.Rusdi Akbar (AP.173.MPAU.08)

Kepala Divisi Photografy : Ahmad Ridhani (AP.170.MPAU.08)

Anggota : Seluruh Anggota Mapala Uniska

“Semulia-mulia manusia ialah siapa yang mempunyai adab, merendahkan hati ketika berkedudukan tinggi, memaafkan ketika mampu membalas dan bersikap adil ketika kuat”

“ Kami adalah manusia-manusia yang tidak percaya pada slogan. seseorang hanya dapat mencintai sesuatu secara sehat kalau ia mengenal obyeknya. dan mencintai tanah air indonesia dapat ditumbuhkan dengan mengenal indonesia bersama rakyatnya dari dekat. pertumbuhan jiwa yang sehat dari pemuda harus berarti pula pertumbuhan fisik yang sehat. karena itulah kami “