Minggu, 11 April 2010

Taman Nasional Gunung Rinjani (TNGR)

Taman Nasional Gunung Rinjani (TNGR)
Resmi Menjadi Geo Park 2 Dunia

Setelah menunggu sekian lama akhirnya UNESCO menerima usulan untuk menjadikan Taman Nasional Gunung Rinjani (TNGR) sebagai Geo Park atau taman bumi pertama di Indonesia. Hal ini diungkapkan oleh Kepala Balai TNGR, Arief Toengkagi kepada WKS beberapa waktu yang lalu. TNGR sendiri menjadi Geo Park kedua di Asia Tenggara dan yang ke 45 di dunia yang berada dibawah UNESCO.

Menurut Arief TNGR dinilai sangat cocok menjadi Geo Park,. selain itu selama ini keberadaan TNGR telah memberikan manfaat yang sangat besar, khususnya untuk NTB dan masyarakat sekitar khususnya. “hal ini nantinya akan memberikan Multiplayer Efek kepada masyarakat,’’ ungkapnya. Diterimanya usulan tersebut oleh UNESCO adalah karena semua pihak yang terkait dengan TNGR telah memberikan dukungan penuh untuk menjadikan Rinjani sebagai satu-satunya Geo Park di Indonesia.
Alasan UNESCO menerima usulan agar TNGR bisa dijadikan Geo Park salah satunya adalah Kerucut gunung api Rinjani yang muncul pada tepi timur kaldera yang memiliki danau berbentuk bulan sabit dan di dalamnya terdapat kerucut gunung api baru yang tetap aktif hingga sekarang, berdasarkan penelitian, gunung api itu telah beberapa kali mengalami letusan besar. Hasil rangkaian letusan tersebut telah membentuk kawasan Taman Nasional Gunung Rinjani (TNGR) yang memiliki morfologi dengan variasi batuan yang secara alami membentuk bentang alam yang menakjubkan. “Insyaallah dalam jangka waktu yang tidak lama TNGR akan di deklarasikan sebagai Geo Park” ungkap Arief mengakhiri

Sumber : berbagai sumber
Oleh : andryana