Minggu, 11 April 2010

VANDALISME

Vandalisme…..
kebanggaan atau memalukan??





vandalisme : perbuatan merusak dan menghancurkan ( keindahan alam) begitulah artian dari Kamus Besar Bahasa Indonesia(KBBI) yah..sering kita temukan dan bahkan kita lakukan ( jujur bos??) coba kita ingat kembali, kapan dan dimana kita memulai sebuah perjalanan, pendakian gunung, panjat tebing, bahkan caving.
coba kalau kita ke gunung, apa ada shelter / pos yang bebas dari goresan tangan - tangan jahil? entah itu mendeskripsikan perasaannya yg lagi jatuh cinta, bete, bahkan narsisme terhadap diri sendiri maupun organisasi. Lebih dari itu, coretan - coretan tersebut bukan hanya tergores di dinding shelter, parahnya di batuan dan pohonan pun tak luput dari serangan para vandalis,.

saya sempat heran, melihat beberapa rombongan dengan seragam “Mapala” dengan bangganya menyemprotkan pylox ( cat semprot ) dipapan sebuah shelter dan beberapa batu di puncak,.besoknya lagi belum habis rasa heran saya, kembali saya disuguhi pemandangan “menakjubkan” dari orang, berseragam mapala yang dengan bangganya dan tidak mempedulikan ada / tidak orang lain di dekatnya melukis dan menuangkan ketrampilan seninya dengan tipe-x di pepohonan serta shelter yang ada di sekitar gunung, apa memang budayanya seperti itu??,yang pasti saya yakin tidak, dan itu merupakan perbuatan dari segelintir oknum narsis yg pengen namanya dikenang oleh orang lain ( kenapa tidak ditulis “in memoriam” saja diatas namanya?? )

oke boss, yg lalu biarlah berlalu, semua harus melewati sebuah “proses” setiap kebaikan akan lebih bermakna jika kita mengetahui hal buruk, namun sejauh apa kita memaknainya jangan sampai terlambat, jangan sampai terlanjur alam ini rusak, kita baru mampu memaknai bahwa kita sangat membutuhkan lestarinya alam,..

Sumber : Berbagai Sumber
Teks : justice voice